Hai Guy’s...
Welcome to my blogg.
Kembali lagi sama aku,Deby....
Kali ini aku mau curcol ke kalian tentang Customer Care
Shopee.
Salah satu dampak positif dari
social distancing bagiku adalah aku jadi punya banyak waktu buat curhat,
sekalian kasih tips buat kalian, yang siapa tahu mengalami kejadian seperti
yang aku alami. hihihi....
Tapi sebelum lanjut membaca, aku
ingin kalian tahu, tulisan ini ku buat untuk memabantu kalian yang memiliki
kendala di Shopee seperti yang aku alami. Tidak ada sedikit pun maksudku untuk
memburukkan nama Shopee, toh sampai sekarang aku juga masih jualan di Shopee. Tapi
jika kalian adalah karyawan di Shopee dan kebetulan baca tulisan ini, anggaplah
ini sebagai masukan buat Shopee, agar Shopee semakin baik, dan tidak hanya di
minati pembeli aja tapi juga penjual. Apalah arti marketplace tanpa penjual? Ya
kan...?
Oke,to the point saja,
Pada tanggal 21 April 2020, aku
mendapat pesanan Macaroon dari pembeli di Shopee, dan pembeli memilih jasa
kirim J&T. Ini kali pertamanya aku mendapat pesanan dengan ekspedisi
J&T karena sebelumnya aku hanya menyediakan layanan jasa kirim dengan JNE. Kenapa
aku membuka opsi J&T? Karena ada iming-iming paket akan di pickup kurir di
rumah. Wah, enaklah kalo di pickup, why not? Ya kan, kita gak perlu jauh-jauh
anter juga, ya aku mau. Makanya aku mengaktifkan ekspedisi dengan J&T.
Dan
sungguh, ketika aku mencoba layanan request pickup dengan menekan tombol
request pickup di Shopee, semuanya di luar ekspektasiku. Tanggal 22 April, aku
menekan tombol request pick, ku atur tanggal pickup 23 April 2020 dan waktu
penjemputan 13.00.00-17.59.59 WIB. Tapi yang terjadi ketika tanggal 23 April
2020 pukul 06.58 WIB, di status pengiriman produk tertera : Failed Pickup (Paket sedang dipersiapkan).
Aku lihat status pengiriman ini sekitar jam setengah 8 pagi. Tapi aku mecoba
santai, tetap ku tunggu kurir untuk datang menjemput paket. Hingga pukul
19.00.00 WIB, paket ku tidak di jemput kurir. Sontak aku gelisah, aku pun
menghubungi Shopee lewat email dan live chat. Tapi apa jawabannya? >>>
Kendala kakak sedang kami ajukan ke divisi lain untuk di tindak lanjuti, mohon
bersabar ya kak...kami akan menghubungi kakak 1x24 Jam,dan terus pantau email
kakak. Sudah jelas ya kak, bisa kah kami mengakhiri chat ini?<<< Jujur
bagiku ini bukan solusi, tapi aku pun mencoba sabar sambil terus memantau email.
Tanggal
24 April 2020, aku pun menunggu kurir hingga pukul 19.00WIB. Tidak ada email
masuk, dan tidak ada juga kurir J&T yang menjemput. Aku pun kembali
menghubungi Shopee Live Chat, dan jawabannya sama seperti yang sebelumnya,
hanya saja si CS mengatakan bahwa kemungkinan karena Aplikasi Shopee ku belum
di Update dan aku di minta hapus Cache pada bagian informasi aplikasi. Oke fine,
ku turuti saja permintaan si CS, toh tidak ada ruginya.
Hingga 25 April 2020, Pukul
15.00WIB, aku tidak mendapatkan email dari Shopee dan kurir pun belum datang
menjemput, pembeli pun mulai menanyaiku terkait status barang yang belum di
kirim. Fix, kesabaranku habis. Aku pun menelepon nomor customer care Shopee. Saat
aku menelepon, aku tidak langsung terhubung dengan CS nya, tapi aku hanya mendengar
rekaman suara operator telepon yang penjelasannya panjang lebar yang gak ada
kaitannya dengan masalahku. Hampir 2 menit aku hanya mendengarkan suara robot
seperti ini. Saking jengkelnya, ku tekan tombol back beberapa kali untuk
memutus telepon. Barulah saat itu rekaman suara berbunyi tekan tombol 0 untuk
tersambung ke CS. Begitu tekan 0, Jangan harap akan langsung di angkat, kamu
akan mendengarkan dulu nada dering Shopee layaknya iklan-iklan di televisi. Dan
akhirnya aku terhubung ke CS.
Saat
terhubung ke CS, mereka memintaku menyebutkan kendala dan nomor pesanan, dan
ujung-ujungnya, merekapun memintaku menunggu dan tidak menutup telepon, karena
permasalahan ini akan ditanyakan dahulu ke divisi lain. Selama kalian disuruh
menunggu, mereka akan hold telpon kita, jadi kita tidak bisa mendengar diskusi
mereka. Yang bikin aku jengkel adalah di sesi ini, jujur sih ini borosin pulsa
banget, aku nunggu jawaban dari mereka itu 5 menit. Kenapa aku bisa bilang
segitu? Karena selama menunggu jawaban mereka, aku sempet main shopee tanam,
siram tanaman teman, bahkan aku juga bisa promo naikkan produk selama aku
menunggu jawaban mereka. Mau ku putus telponnya, udah nanggung, udah selama ini
nelpon kalo gak ada hasil, itu akan lebih menjengkelkan. Setelah 5 menit,
mereka pun menjawab permasalahanku dengan >>> apakah kakak sudah
hubungi agen terdekat dengan lokasi kakak, untuk menanyakan, nomor resi request
pick dari aplikasi shopee kakak, sudah masuk di Aplikasi mereka? Kami akan
bantu permasalahan kakak tapi sebaiknya kakak juga hubungi agen
terdekat<<< dan aku berkata dalam hati, What................. cuman
jawaban itu yang Shopee kasih ke aku, ya ampun, aku nunggu hampir 2 hari hanya
demi jawaban “hubungi aja agen terdekat”. Aku pikir Shopee tu bakal tanggung
jawab dengan nelpon agennya supaya jemput paket di tempatku. Ya oke lah, kalo
ekspektasiku terlalu tinggi, anggap saja Shopee gak akan nelponin, tapi untuk
jawaban yang se-simpel itu, jangan bikin aku nunggu 2 hari donk, dan 8 menit
untuk nelpon CS doank. Biaya telpon dari HP ke telpon kabel itu mahal lho, Rp
10.000 lebih bahkan. Sementara keuntunganku dari pembelian macaroon berkasus
ini aja gak sampai segitu. Kalian bisa bayangkan, gimana marah dan jengkelnya
aku.
Karena solusinya telpon ke agen untuk request pickup, akhirnya ku turuti saja saran dari CS, aku mau tahu, seperti apa masalah ini akan berakhir. Ketika aku telpon agen J&T terdekat, mereka bilang bahwa Request Pickup dari Shopee sering erorr, bahkan Request Pickup nya itu gak nyampai ke agen, akhirnya si mbak CS J&T pun tanya lokasiku untuk penjemputan paket. Syukurlah kurir mau jemput paketku walau hanya 1 paket di hari itu juga. Status pengiriman di Shopee milikku juga sudah berubah menjadi dikirim. Syukurlah... aku lega...
Jujur
ya Shopee, kamu sudah gak seperti dulu lagi. Dulu, bagiku Shopee adalah
marketplace yang number one dan ACT (Aktif, Cepat, Tanggap) sama kendala
penjual. Semua masalah bisa diatasi oleh CS Shopee. Apa saja kendalanya, mau
itu ada orang yang curi resi kamu dan kamu gak bisa input resi di toko kamu
(biasanya dialami oleh dropshipper olshop produk impor Ji*S H**EY), kirim
produk via Go Send tanpa order Go Send di Aplikasi Shopee. Terlanjur kirim
paket J&T tanpa bikin resi Cashless lebih dahulu. Padahal 2 tahun yang lalu
layanan CS Shopee masih oke lho... Tapi sekarang, kamu berubah. Seakan kamu gak
berani mengakui kelemahanmu, kamu seakan tidak bertanggung jawab atas kelemahan
dari App yang kamu tawarkan. Kamu seperti CS Marketplace lainnya “Ya... anter
aja ke agennya... kalo gak bisa ya batalin aja... selesai. Jangan urus orderan
ribet”
Nah itulah curcolku buat kalian. Aku
harap sih kalian terbantu dengan curcolku, dan bisa ambil
keputusan terbaik
saat mengalami kendala sepertiku.
Akhir kata, terima kasih sudah
baca tulisanku, dan kalo kalian perlu macaroon buat gift, dijual lagi, buat
sovenir, kado ultah, dan berbagai acara lainnya, mau jadi Reseller atau
Dropshiper yang butuh barang buat di jual. Yuk belanja di Suplier Macaroon aja.
Klik Link ini ya
>>>> Suplier Macaroon untuk
terhubung dengan Suplier Macaroon di App Shopee mu...
Atau WA di 0896-3471-5022 Tq
0 komentar:
Posting Komentar