Hello Guy’s...
Welcom back to my blogg...
Kembali lagi sama aku, Debby...
Gak kerasa sudah 1,5 bulan pemerintah Indonesia mengeluarkan
anjuran untuk WFH dan SFH. Kantor ku tetep masuk sih, hanya saja aku lebih
membatasi diri buat keluar rumah, dan entah mengapa setelah 1,5 bulan membatasi
diri, tanganku jadi gatel... pengen sering-sering nulis buat kalian. wkwkwkwk
:D :D
Oke, to the point saja yah... hari ini aku mau bahas
marketplace yang cukup di kenal masyarakat Indonesia, tapi yang denger-denger
banya dapat sorotan dari Ikatan Perlindungan Konsumen Indonesia. Aku gak akan
bahas soal kelebihan dan kelemahan secara komplit, tapi aku langsung to the
point ke persendian bisnis yang harus kalian kuatkan sebelum terjun payung ke
marketplace Lazada.
Paham gak persendian bisnis itu apa? hahaha... kayak
ortopedis aja :P. Persendian bisnis bagiku adalah hal-hal penting yang harus
kalian pikirkan dan siapkan dengan matang, sebab jika tidak di siapkan, hal ini
bisa membuat operasional bisnsi terganggu. Apa saja kah itu?
1. Kamu harus tahu, Lazada itu
merupakan platform yang cukup aneh bagi seller, why? Seller di tuntut siap
sedia memakai jasa ekspedisi apa saja yang sudah di tunjuk secara acak oleh
sistem pengiriman di Lazada. Kalo di marketplace lain, kamu bisa pilih jasa
kirim yang kamu tunjuk untuk bisa dipakai pembeli, di Lazada, kamu harus nurut
sistem, kalo sistem muncul resi J&T ya kirim pake J&T kalo JNE ya kirim
pake JNE.
2. Bisa di bilang, pelaporan
keuangan di Lazada untuk Seller itu masih kurang rapi dan detail. Di
marketplace lain, ketika kamu buka menu saldo, kamu bisa lihat saldo yang kamu
terima itu hasil dari transaksi apa saja, dan nilai dari masing-masing
transaksi itu berapa saja dan biaya admin tiap transaksi berapa. Tapi di lazada
hanya muncul total saldo dan total biaya admin. Kita gak bisa cek 1 per 1 niali
transaksi beserta masing-masing biaya adminnya. Lha ini... gimana kalo ada
barang yang tanpa kita tahu ternyata kita jual rugi tapi pendapatan kita tetep
kelihatan untung karena ketutup keuntungan transaksi lain? Hiks banget kan...
T.T
3. ini dia, cukup menyulitkan
bagi yang modalnya mepet. Satu lagi keanehan Lazada dibanding marketplace
lainnya, Jika marketplace lain menyediakan tombol tarik saldo, dan saldo akan
kamu terima dalam 1x24 jam. Di Lazada, kamu tak akan menemui tombol itu. Yang
berhak menentukan kapan saldo akan di cairkan adalah Lazada, dan saldo akan
dicairkan tiap minggu di hari rabu, dengan catatan produkmu sudah dinyatakan
diterima oleh pelanggan dan pelanggan tidak mengajukan pengembalian.
Nah itu keanehan yang aku temui
di Lazada, nanti kalo aku nemuin keanehan yang lainnya lagi, aku bakal ceritain
ke kalian.
Oh iya, buat kalian yang lagi cari-cari kado unik kalian bisa kunjungi toko onlineku, cukup klik link >>> Suplier Macaroon
Sekian dulu curcolku, see you and
bye... J
0 komentar:
Posting Komentar